Selasa, 27 November 2012

TEKNIK MENULIS SURAT



PERTEMUAN KE IV

TEKNIK MENULIS SURAT
Ø  Surat Dinas atau surat resmi ditulis untuk keperluan komunikasi antar kantor satu dan kantor yang lain,atau antar organisasi.
Ø   Menulis surat dinas harus mengikuti aturan tertentu mengenai sistematika,isi,dan bahasan surat.
a)    Format dan bentuk surat menarik
b)    Bahasa harus jelas,padat,baku,umum
c)    Beberapa jenis surat yang termasuk surat dinas:
Ø  Surat Permohonan, surat yang berisi permohonan atau permintaanrsesuatu kepada pihak lain. Dalam surat permohonan terdapat beberapa pokok antara lain:
1.    Identitas permohonan
2.    Isi permohonan
3.    Tujuan dan alasan memohon
4.    Batas waktu maksimal untuk menjawab permohonan
5.    pernyataan kesungguhan dalam memohon
Ø  Surat Pemberitahuan, berisi suatu pengumuan sosialisasi informasi baru yang perlu  diketahui oleh pihak lain yang terkait.Isi dari surat pemberitahuan adalah :
1.    bagian pembuka
2.    bagian isi,berisi rincian,uraian,keterangan penjelasan
3.    bagian penutup
Ø  Surat keterangan, surat yang berisi tentang keterangan resmi tentang status atau kondisi seseorang atau barang yang dikelurkan oleh pejabat yang berwenang
    Surat kelakuan baik
ü
    Memo dan nota dina
s
Ø  Penulisan Surat yang Baik dan Benar
1.    Tidak mengandung makna ganda
2.    Antara penerima dan pengirim memiliki maksud yang sama
3.    Sederhana
4.    Tepat menggunakan kata dalam pemakaiannya.
5.    Tulisannya tersusun rapi dan berurutan.
        Bahasa yang digunakan dalam surat sebaiknya:
1.    Mengutamakan sama derajat
2.    Tegas
3.    Mudah dimengerti oleh pembaca
4.    Menggunakan bahasa yang sopan
5.    Jelas antara penulis dan pembaca

Tidak ada komentar:

Posting Komentar